Lestarikan Budaya Lokal, Pemuda Desa Roka Gelar Festival Kampung Jompa

Kabupaten Bima = Jurnal Expose || Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE membuka secara resmi kegiatan festival Kampung Jompa yang diselenggarakan oleh karang taruna desa Roka Kecamatan Belo, di DAM Desa Roka Kecamatan belo, Jum’at (22/3).

festival_kampung_jompa_bima_2
Bupati menyampaikan bahwa festival ini dalam rangka melestarikan budaya Lokal Lewat Generasi Berbudaya, dari festival ini masyarakat akan mengetahui berbagai macam budaya yang dimiliki oleh daerah sehingga generasi muda kita akan mengetahui aneka ragaman budaya yang dimiliki oleh daerah ini.

Sebagai sebuah peristiwa budaya, festival memiliki warna-warni ragam dan intensitas dramatik dari berbagai aspek dinamika, seperti misalnya estetika yang dikandungnya, berbagai tanda dan makna yang melekat, “akar” sejarah serta keterlibatan para penutur aslinya.

Selain digelarnya festival jompa ini, Keberadaan Embung DAM ROKA merupakan salah satu destinasi wisata yang perlu dikembangkan sehingga melalui kegiatan ini sedikit tidaknya masyarakat akan menikmati keindahan embung DAM ROKA yang sangat kita banggakan.

Bupati berharap melalui festival yang digelar ini sebagai salah satu upaya pelestarian budaya yang kita miliki sehingga kita selaku warga masyarakat dapat mendukung pelaksanaan even ini demi memperkenalkan budaya yang kita miliki di masyarakat maupun generasi muda kita.

Menurut ketua panitia pelaksana Iksan mengatakan bahwa atas nama ketua panitia pelaksana kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bima yang telah mendukung pelaksanan festival ini.

Kegiatan yang kami laksanakan ini Berupa kegiatan kareku kandei, kareku nocu, dzikir hadra, tari tradisional, tari kreasi, bazar dan pameran, dimana kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tangal 22 sampai dengan 24 Maret 2019 di embung DAM ROKA.

Momentum ini Bupati Bima mencoba alat tradisional berupa kareku kandei yang merupakan salah satu alat tradisional yang dimiliki oleh warga masyarakat yang disaksikan oleh para tamu undangan yang menghadiri kegiatan tersebut. Sekaligus menyerahkan bantuan pribadi uang tunai sebesar 3 Juta kepada panitia pelaksana dalam rangka mendukung festival jompa tersebut.

Pada kesempatan itu juga pihak panitia juga menyerahkan lukisan bergambar wajah Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE sebagai bentuk apresiasi kawula muda roka atas dedikasi dan dukungan dari pelaksanaan festival ini.(JE02)

Jurnal Expose || Lestarikan Budaya Lokal, Pemuda Desa Roka Gelar Festival Kampung Jompa