Kabupaten Bima Raih Juara Umum di Jambore PKK Tingkat Provinsi

Lombok Tengah, Jurnal Expose || Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima, meraih juara umum, pada puncak Jambore Kader PKK dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, Tingkat Provinsi NTB yang ke 48, di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, beberapa hari lalu.


Pada lomba tersebut PKK Kabupaten Bima memborong juara hampir pada semua mata Lomba. Kemudian penyerahan hadiah bagi pemenang dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB Hj Niken Saptarini Widiyawati Zulkiflienmansyah, M.Sc.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Bima, M Chandra Kusuma, Ap, menyatakan, Jambore Kader PKK yang dirangkaikan dengan HKG PKK Tingkat Provinsi NTB diadakan di Kuta Mandalika, Lombok Tengah. Semua Kader dan Tim Penggerak PKK se NTB ikut ambil bagian, dibuka oleh Gubernur NTB, Dr Zulkiflienmansyah.

Bagi pemenang diberikan hadiah dan penghargaan. Kabupaten yang juara hanya dapat mewakili Provinsi satu mata lomba, pada tingakat Nasional tahun 2020.

PKK Kabupaten Bima meraih juara umum karena berhasil sabet empat mata lomba yakni juara pertama pada Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR). Juara Pertama Lomba Hatinya PKK, Juara Pertama Lomba IVA Test, Juara keempat Admistrasi PKK dan juara Kelima Lomba UP2K.

‘’Perjuangan Tim PKK kita membuahkan hasil. Hadiah diterima langsung oleh Hj Rostiati H Dahlan sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima,’’ujar Chandra.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB Hj Niken, menyampaikan terima kasih, karena semua dapat hadir mengikuti Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, dirangkaikan dengan Jambore Kader PKK Propinsi NTB.

Diakui Ibu Iken, kata Kabag Chandra, kegiatan itu adalah yang ditunggu-tunggu oleh para kader PKK.

‘’Terima kasih pada kader PKK yang telah bersedia mengikuti event-event yang dilaksanakan pada acara Jambore,’’lanjut Chandra, mengutip Ketua PKK Provinsi.

Dijelaskanya, hadirnya PKK dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh keluarga. Kita berdayakan keluarga melalui kegiatan HKG PKK. Artinya, keluargalah yang menjadi tumpuan dan rumah tanggalah yang harus kita berdayakan.

Kita harus mendedikasikan kemampuan demi kemajuan PKK dalam masyarakat. PKK merupakan Potensi bagi pembangunan bangsa Indonesia. PKK harus menyatu dengan masyarakat. Termasuk memberikan santunan secara gratis pada masyarakat.

Secara khusus Hj Niken, berharap bahwa ada kegiatan PKK di masing-masing  Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (Posyandu).

Posyandu dapat digunakan sebagai deteksi dini anak-anak Stunting yang saat ini menjadi prioritas utama pemerintah. Semua kader PKK dapat ikut membantu dan melakukan program-program pemberdayaan keluarga dan masyarakat.

Jurnal Expose || Portal Berita Daerah - Ungkap Fakta DIbalik Berita