Lomba Inovasi dan TTG Kota Bima 2020 Berakhir, Inilah Para Pemenangnya

Kota Bima, Jurnal Expose || Lomba Inovasi Dan Teknologi Tepat Guna tingkat Kota Bima Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Bima melalui Bidang Litbang telah berlangsung dan tim penilai telah menetapkan para pemenang untuk masing – masing kategori.


Keputusan ini  ditetapkan melalui Berita Acara Hasil Penilaian Nomor: 050/73/Bappeda Litbang/III/2020 yang ditandatangani oleh Kepala Bappeda Litbang Kota Bima Drs. H.  Muhammad Fakhrunraji, ME,  tanggal 2 Maret 2020.

Tim penilai yang beranggotakan Arif Hidayatullah, ST (Bappeda Litbang Kota Bima),  Abdul Gafar, ST., M. Eng (Dinas Kominfo Kota Bima), Mukhlis, SE., ME (STKIP Bima), Tauhid, SE. STISIP Mbojo Bima), M.AP, dan Julhaidin, SE  (praktisi/usahawan), menetapkan para pemenang sebagai berikut.

Para pemenang untuk Kategori Mahasiswa, Dosen dan Umum, yakni, Agrippina wiraningtyas, M.Sc, dengan nama inovasi/TTG “Tas Belanja Bercode Ramah Lingkungan” sebagai juara I, meraih nilai 86,04.

Tim Nur Nazmi, S.Pd., M. Si, Syahru Ramadan, M. Pd dan Nikman Azmin, M. Pd, dengan nama inovasi/TTG “Mesin Penghancur Sampah Organik” sebagai juara II, meraih nilai 83,56.


Aris Munandar dengan nama inovasi/TTG “Sahabat dan Mitra UMKM” sebagai juara III, meraih nilai 76,37. Ahmad Tsaoqi dengan nama inovasi/TTG “Sistim Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Madia Sosial (Sipengmas)” sebagai juara IV, meraih nilai 75,17.

Tim Firdaus, Amrim dan Suci Haernianti, dengan nama inovasi/TTG “Prototipe Alarm Pendeteksi Banjir” sebagai juara V, meraih nilai 75,07.

Para pemenang untuk Kategori Siswa SMA/SMK Sederajad, yakni, Tim Abhi Krisna & Devi Adelia, dengan nama inovasi/TTG “Alat Bor Duduk” sebagai juara I, meraih nilai 80,88.

Tim Nurul Insani & Layli Nurramdani, dengan nama inovasi/TTG “Kancip Almond/Mete” sebagai juara II, meraih nilai 80,83. Tim Nurapriliani Lailatul & Moh. Aditya Ramadhan, dengan nama inovasi/TTG “Oven Tenaga Surya” sebagai juara III, meraih nilai 76,63.

Tim Ahmad Khairuzaini dan Rozali Jauhari Alfanani, dengan nama inovasi/TTG “Teknologi Penghasil Listrik, Bahan bakar dan Bahan Pembuatan Paving Block Berbasis Sampah Kota Bima” sebagai juara IV, meraih nilai 63,01.

Para pemenang untuk Kategori Perangkat Daerah, yakni, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) , dengan nama inovasi/TTG “Aplikasi SIMPERS” sebagai juara I, meraih nilai 84,36

Dinas Pekerjaan Umum  dan Penataan Ruang (PUPR) dengan nama inovasi/TTG “Penerapan teknologi Informasi Geospasial Berbasis Partisipasi Masyarakat Dalam rangka Deteksi Dini Kebocoran Jaringan Distribusi Air Minum di Kota Bima” sebagai juara II, meraih nilai 83,51

Dinas Kesehatan, dengan nama inovasi/TTG “Bengkel Alkes” sebagai juara III, meraih nilai 82,35
Bappeda Litbang, dengan nama inovasi/TTG “Perencanaan dan pengendalian Persediaan Farmasi (farmasi Cermat)” sebagai juara IV, meraih nilai 80,76

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dengan nama inovasi/TTG “Wardawata (Wara Bidan Wara Akta)” sebagai juara V, meraih nilai 77,61

Ada 2 aspek utama penilaian yaitu pertama, Inovasi Alat TTG dengan indikator penilaian mencakup: kreasi, kebaharuan, meningkatkan produktifitas, relevansi, ekonomis, mudah dibuat, dan mudah dioperasikan.

Kedua, aspek presentasi peserta, dengan indikator penilaian mencakup: pengusaan materi, kemampuan menjawab pertanyaan, kemampuan mendemostrasikan alat, teknik penyajian, ketepatan waktu penyajian, dan kesopanan.

Para pemenang akan mendapakan hadiah berupa piagam, piala dan uang tunai yang akan diserahkan oleh Walikota/Wakil Walikota pada kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Bima Tahun 2021 yang diagendakan pada tanggal 23 Maret 2020.

Kepala Bappeda Litbang Kota Bima menyatakan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi pada Lomba Inovasi dan TTG Kota Bima Tahun 2020, dimana jumlahnya mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Kota Bima sesungguhnya memiliki potensi besar dalam hal inovasi. Diharapkannya tahun depan kegiatan ini mendapatkan atensi yang semakin besar dari masyarakat umum, pelajar maupun aparatur sipil negara (ASN) di Kota Bima

Jurnal Expose || Portal Berita Daerah - Ungkap Fakta DIbalik Berita