Tim Gabungan Gugus Tugas Periksa Penumpang KM Binaiyah, 1 Orang Berstatus PDP

Kota Bima, Jurnal Expose || Tim Gabungan yang terdiri dari Gugus Tugas Pencegahan Virus Corona beberapa daerah, Kota Bima, kabupaten, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pelabuhan Bima tengah mempersiapkan penjemputan ratusan penumpang yang terdiri dari penumpang umum dan jamaah tabligh yang datang dari Makassar dengan KM Binaiyah, Kamis (26/3/2020) malam.


Penjemputan penumpang umum dan khusus jamaah Tabligh akbar sebanyak 604 Orang. Dimana terdiri dari Penumpang yang turun di pelabuhan Bima sejumlah 300 orang dan penumpang yang melakukan pemberangkatan dari pelabuhan Bima sebanyak 312 orang.

Kepala Dikes Kota Bima Drs. H Azhari mengungkapkan, untuk tindakan pencegahan tim gabungan Gugus Tugas Pencegahan Virus Corona akan melakukan periksaan pada semua penumpang baik yang datang maupun pergi dalam bentuk dua tahap pemeriksaan.

Tahap Pertama Penumpang khusus jamaah Tabligh Akbar sebanyak 178 orang yang berasal dari
Kota bima sebanyak 9 orang, kabupaten Bima sebanyak 20 orang dan Kabupaten Dompu 138 orang serta Kabupaten Sumbawa sebanyak 11 orang akan dilakukan pemeriksaan langsung setelah turun dari kapal.
Dan dari pemeriksaan 1 orang penumpang diduga suspect Corona dan langsung diisolasi dari klinik kapal diangkut dengan tandu dan dibawa menuju Rumah Sakit Umum Bima sebagai Rumah Sakit rujukan dengan mobil Ambulance khusus.

Untuk penumpang Jamaah Tabligh Akbar yang lainnya sebanyak 177 orang dipulangkan dengan kondisi sehat tapi tetap dalam pengawasan, dilakukan isolasi mandiri dan akan tetap dipantau oleh tim gugus tugas daerah masing-masing.

Tahap Kedua untuk penumpang umum yang terdiri dari 122 orang juga dilakukan pemeriksaan di tempat. Dari hasil pemeriksaan diketahui 1 orang penumpang dari Kabupaten Bima dengan suhu di atas 37 derajat dan sakit dengan riwayat sakit Malaria/typus, namun untuk tindakan selanjutnya di isolasi mandiri.

Penumpang umum yang lainnya sejumlah 121 orang diperbolehkan pulang ke rumah dengan tindakan isolasi mandiri.

Untuk penumpang yang akan melanjutkan pemberangkatan dari pelabuhan Bima yang terdiri dari 304 penumpangan lanjutan di tambah 8 org penumpang yg naik dari bima tetap diperiksa dan di hasilnya baik-baik dan diperbolehkan melanjutkan pemberangkatan.

Jurnal Expose || Portal Berita Daerah