REALCOUNT BUMI, AKURASI TINGGI DENGAN MARGIN ERROR TERKECIL

Kabupaten Bima, BUMI  || Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima yang digelar KPU telah telah berakhir dan menetapkan perolehan suara Pasangan calon nomor urut 01 IMAN sebanyak 51.755 suara, Pasangan calon nomor urut 02 Safaad sebanyak 112.068 dan Pasangan nomor Urut 3 IN-Dah sebanyak 130.963. Jumlah surat suara sah dan tidak sah 296.876/ Dari hasil rekap di atas selisih suara pasangan Paslon In-Dah (No. 3) dengan paslon Syafaad (nomor No. 2) sebanyak 18.895 suara. 

Hasil Pleno ini membuktikan Real Count yang dilakukan oleh BUMI dan In-Dah Center memang benar-benar valid dengan menghasilkan angka yang tidak jauh berbeda dengan keputusan Hasil Pleno KPU. 
Namun dari sisi akurasi, perhitungan Realcount BUMI lebih mendekati dibanding dengan perhitungan Realcount yang dikeluarkan oleh IN-DAH Center.

Dimana persentase realcount BUMI menyatakan pasangan 01 (IMAN) memperoleh suara sebanyak 51.761, Pasangan 02 (SYAFAAD) sebanyak 112.091 suara dan Pasangan 03 (INDAH) dengan suara terbanyak sebesar 130.758 suara. Jadi selisih suara Paslon nomor Urut 3 (INDAH) dan paslon No. 2 (SYAFAAD) sebanyak 18.667 suara. Jadi hanya selisih 228 dengan perhitungan Pleno KPU.

Sedangkan persentase realcount IN-DAH Center yang dikutip dari Media Online Obor Bima, Paslon 01 (IMAN) memperoleh 52.274 suara, sementara Paslon No. 2 (SYAFAAD) 112.909 suara sementara Paslon 03 (INDAH)dengan suara tertinggi sebanyak 132 297 suara. Dari perhitungan tersebut didapat selisih suara Paslon No 3 (INDAH) dengan Paslon No. 2 (SYAFAAD) sebanyak 20.044 suara. Dimana ada perbedaan 1.149 suara dari hasil yang dikeluarkan Pleno KPU.

Dari data-data diatas membuktikan akurasi perhitungan Realcount yang dikeluarkan oleh BUMI lebih mendekati hasil yang sebenarnya (Pleno KPU) dengan selisih suara paslon No. 3 (INDAH) dengan paslon No. 2 (SYAFAAD) hanya berbeda 228 suara dari hasil Pleno KPU dibanding perhitungan Realcount yang dikeluarkan oleh In-Dah Center dengan selisih suara paslon No. 3 (INDAH) dengan paslon No. 2 (SYAFAAD) berbeda 1.149 suara dari hasil Pleno KPU.

Penasehat BUMI, Diah Citra Pravitasari mengatakan bahwa kecilnya margin error dalam perhitungan Real Count BUMI tidak terlepas dari kerja berlapis yang dilakukan oleh teman-teman BUMI di 18 Kecamatan dan Aplikasi Online untuk melakukan verifikasi online sebelum di input dalam pusat tabulasi dan ditampilakn dalam layar Live Streaming agar bisa di akses oleh masyarakat umum.

"Dalam Real Count, teman-teman BUMI menggunakan metode verifikasi berlapis baik secara manual maupun secara online untuk memperkecil margin error. Data dari TPS dikumpulkan ke Kordes BUMI lalu diverifikasi, kemudian di teruskan ketingkat kecamatan lalu di verifikasi lagi. Setelah itu baru diteruskan ke pusat tabulasi data BUMI”. Ungkapnya. 
     


Presidium BUMI Syahrir Burhanuddin Acril atau yang biasa di sapa Acril menambahkan bahwa semua Real Count yang dilakukan oleh siapapun, pasti basis datanya adalah C1 Plano Hologram dan C1 Plano KWK Hologram. Namun yang membedakan adalah sistem kerja serta metode validasi datanya. Aplikasi validasi data yang di gunakan oleh BUMI adalah aplikasi yang sudah disipakan jauh-jauh hari sebelummnya dan di uji beberapa kali sebelum digunakan. 

"Dasar perhitungan setiap melakukan real count adalah C1 Plano Hologram dan C1 KWK Hologram. Indah Centre dan BUMI juga demikian, menggunakan itu sebagai basis datanya. Namun yang membedakan adalah metode validasi dan Verifikasi data yang masuk ke pusat tabulasi data sehingga bisa memperkecil Margin Error. Bumi 3 bulan sebelum pemilihan sudah mempersiapkan dengan baik aplikasi untuk melakukan verifikasi data baik secara online maupun secara manual sehingga syukur alhamdulilah margin errornya bisa kita perkecil", pungkasnya.