Safari di Baralau, Wabup Minta Camat dan Kades Tetap Koordinasi Jaga Hutan

Kabupaten Bima, jurnalexpose.com || Pemerintah Kabupaten Bima melaksanakan safari Ramadhan di Masjid Jami’ Desa Baralau, Kecamatan Monta, Senin 26 April 2021.

Selain di hadiri Wakil Bupati, Drs H Dahlan HM Noer, ikut pula Ketua TP PKK Kabupaten Bima Hj Rostiati Dahlan, S.Pd, Asisten III Setda Bima Drs. H Arifudin HMY dan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima.

Pada kesempatan tersebut diserahkan Al-quran secara simbolis oleh H Arifudin, yang juga sebagai Plh Kabag Kesra Setda Bima, diterima Camat Monta Drs. Nurdin.

Wakil Bupati Drs. H Dahlan M Noer, dihadapan jama’ah masjid Jami’, menyampaikan bahwa Kabupaten Bima baru mengalami bencana  alam banjir.

Beberapa Desa di Kecamatan Monta, Woha, Bolo dan Madapangga ikut kena dampak. Kita tidak boleh saling menyalahkan. Melainkan kedepannya, harus melakukan evaluasi terhadap semua keadaan yang dihadapi.

‘’Kita bersyukur masih diberi nikmat umur, nikmat kesempatan, kesehatan dan nikmat islam. Sehingga bisa berada di mesjid ini untuk sholat tarwaih bersama-sama,’’ujar Wakil Bupati.

Wabup Dahlan mengajak masyarakat untuk tidak menyesali yang sudah terjadi apalagi terus saling menyalahkan. Dijelaskan Wabup, nikmati keadaan dan kesempatan karena masih diselamatkan oleh Allah dalam musibah banjir beberapa waktu lalu.

Untuk memulihkan kondisi hutan yang telah rusak, Babe, sapaan Wabup Dahlan, menghimbau kepada Camat Monta dan Camat Parado beserta seluruh Kades, agar saling berkoordinasi untuk penanganan hutan yang ada.

Hutan dan keberadaan pohon harus tetap lestari untuk mencegah datangnya banjir. Hentikan kebiasaan menebang pohon. Karena akan marugikan masyarakat sendiri jika terjadi bencana banjir.

Wabup Dahlan ikut prihatin dengan musibah banjir yang dialami masyarakat Monta. Demikian pula sejumlah kerugian yang rusak, baik Pertanian maupun Peternakan.

Terkait dengan pandemi Covid-19. Wakil Bupati berharap untuk selalu mamatuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Karena hanya dengan cara demikian bisa memutus penyebaran Covid-19.