TP PKK Kabupaten Bima Sosialisasi GEMASIN di Kecamatan Soromandi

Kabupaten Bima, jurnalexpose.com || Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima yang dipimpin langsung oleh Ketua Hj. Rostiati Dahlan S.Pd  bermitra dengan Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Bima   dan Majelis Taklim An Nisa Kabupaten Bima Selasa (28/9)  melakukan pembinaan 10 Program pokok PKK dari POKJA I sampai POKJA IV dirangkaikan dengan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sadar Stunting (GEMASIN) kepada sasaran 1.000 Hari Pertama Kehidupan (1.000 HPK) yaitu ibu hamil dan ibu balita serta Pembinaan Majelis Taklim Kecamatan oleh Majelis Taklim An Nisaa Kabupaten Bima.  


Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan yaitu Pelayanan kesehatan dalam bentuk  Pelayanan Posyandu, pemberian makanan tambahan (PMT) untuk ibu hamil kekurangan energi kronik (KEK) dengan melibatkan  Puskesmas setempat  serta  pembinaan  rohani yang dilanjutkan dengan shalat Dhuhur berjamaah di masjid desa Sai Kecamatan Soromandi.

Pada kegatan pembinaan yang  juga turut dihadiri Camat Soromandi Julkifli SH, M.Hum, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan kades dan jajaran Pengurus TP PKK Desa Sai tersebut  Hj. Rostiati mengatakan, pembinaan  10 Program Pokok PKK  secara khusus menekankan pada pembentukan program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). 

Dikatakan Rostiati UP2K-PKK  pada prinsipnya merupakan segala kegiatan ekonomi oleh oleh keluarga, baik, secara perorangan maupun kelompok, yang modalnya bersumber dari swadaya masyarakat maupun bantuan pemerintah serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat. Upaya ini dalam jangka panjang ditujukan   untuk meningkatkan pendapatan keluarga dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga.


“Dari aspek ekonomi, Desa Sai memiliki potensi sektor pertanian yang luar biasa, khususnya sebagai penghasil komoditi bawang merah, namun masih mengandalkan produksi sayuran dari luar desa karena lahan yang belum dimanfaatkan secara optimal. Masyarakat setempat dapat secara mandiri mengelola lahan pertanian yang ada untuk memenuhi kebutuhan”.  Kata Rostiati 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Tita Masitha M.Si menjelaskan,  pada kegiatan ini selain dilakukan sosialisasi stunting juga dilakukan pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA)LILA pada ibu hamil dan balita yang menjadi sasaran untuk screening status gizi sehingga sasaran dengan LILA mendekati ambang batas minimal dapat segera ditangani dengan intensif agar status gizinya membaik. ‘Pelaksanaan kegiatan ini tentu tak lepas dari peran aktif dari Tim Puskesmas Soromandi juga Kader posyandu yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan hingga ke tingkat desa”. Terang Tita 

Di akhir kegiatan, seluruh sasaran 1.000 HPK yang hadir diberikan Makanan Tambahan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dan  pembinaan rohani oleh Majelis ta'alim An Nisa yang menghadirkan Ustad Islamudin yang memaparkan topik bagaimana menjadi istri yang baik. (rilis)